Pilkades Serentak Ponorogo, Murtini Ungguli Purwanto di Pilkades Tegalombo

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di Desa Tegalombo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo,  Selasa (29/11) kemarin berjalan sukses, lancar, dan kondusif. Panitia telah menunjukkan sikap netralnya sebagai upaya untuk menjadikan pilkades yang demokratis dan transparan.

Desa Tegalombo yang terdiri dari empat dukuh yakni dukuh Karangmojo, Plosorejo, Banaran dan dukuh Krajan memiliki jumlah pemilih DPT 2610  orang. Bahkan, masing-masing calon kepala desa dan tim suksesnya pun telah menjalankan komitmennya,  sehingga pilkades tersebut berjalan sukses tanpa ekses.

Camat Kauman Eko Edi Suprapto, S.IP. M.Si  selaku ketua Pengawas  Pilkades Tegalombo mengungkapkan,  berkat kerjasama panitia, tokoh masyarakat, kedua calon, serta aparat keamanan baik itu  Koramil, Polsek Sumoroto, dan Satpol PP Kecamatan Kauman dan hansip/LKMD.  

“Alhamdulillah, dari awal tahapan hingga pelaksanaan pilkades dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses. Semua   berjalan sesuai dengan tahapan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pilkades  Sahudi, S.Pd.  juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada  semua panitia karena telah menjalankan tugas dengan baik. Ia juga mengakui kalau situasi pilkades di Desanya dalam suasana menegangkan. Hal itu  karena dari kedua tim sukses calon kades bekerja secara all out, dalam rangka memenangkan masing-masing calonnya.

“Walaupun saat kampanye sempat terjadi gesekan antar tim pemenangan, namun semua  bisa diselesaikan dengan baik. Secepatnya perbedaan bisa diselesaikan secara persuasive,” kata Sahudi yang juga sebagai kepala sekolah SDN II Plosejar ini.

Ditambahkan, sepanjang panitia pilkades betul-betul menegakkan aturan, pihaknya berkeyakinan semua akan berjalan dengan baik. Walaupun kemarin situasi kelihatan tegang, tetapi kalau kita komit pada aturan lepas rasa tegang.

“Kalau semua panitia bekerja lepas dari tekanan, Saya  yakin  akan berjalan dengan lancar dan sukses,” jelasnya. Ia juga menjelaskan sesuai tahapan, pilkades di Desa Tegalombo mulai dari pendataan pemilih, DPS, DPT hingga pelaksanaan pemungutan suara, semua berjalan dengan baik. Sikap proaktif juga ditunjukkan warga Tegalombo terbukti, saat diumumkan  DPS masih ada belasan warga yang belum terdaftar.

“Ini membuktikan ada control dan masukan dari masyarakat terkait hak pilih. Dan mereka datang ke panitia dengan menunjukkan data dan identitas diri, agar bisa dimasukkan dalam DPT,” jlentrehnya.

Secara umum pelaksanaan pilkades di Desa Tegalombo menghasilkan,  calon nomor urut 2, Murtini, S.Pd  memperoleh suara terbanyak dengan 1036  suara, sedangkan calon nomor urut 1,  Purwanto,   meraih 918  suara. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 4 dukuhan  ada 2610 orang, yang tidak hadir ada 568 orang.

“Ada 24  surat suara yang dinyatakan tidak sah. Tapi secara keseluruhan pelaksanaan pilkades berjalan tertib dan lancar. Saya berharap, kepala desa yang terpilih ini bisa menjalankan amanah rakyat sesuai visi-misinya pada kampanye, dan nantinya berhak menduduki jabatan  periode 2017-202,” pungkasnya. (admin)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pilkades Serentak Ponorogo, Murtini Ungguli Purwanto di Pilkades Tegalombo"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.