Lagi, Wilayah Sooko Ponorogo Diterjang Longsor

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Tampakanya bencana alam tanah longsor terus menghantui wilayah pinggiran Ponorogo. Lagi-lagi wilayah kecamatan Sooko, kabupaten Ponorogo yang sebagian wilayahnya merupakan dataran tinggi menjadi sasaran musibah tanah longsor.

Musibah ini terjadi akibat curah hujan yang tergolong masih cukup tinggi di wilayah bumi reyog. Hal itu yang menyebabkan kondisi tanah menjadi gembur dan cenderung mudah retak terutama pada kondisi tanah di wilayah pengunungan.
Seperi dialami Tumiran, warga Dukuh Buyut, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Bagian dapur rumah yang dia tempati untuk berteduh kini harus direlakan rata dengan tanah karena diterjang material longsor.

Menurut keterangan dari Kasubag Hunas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto, Tanah longsor yang menerjang beberapa rumah termasuk milik Tumiran berasal dari runtuhnya bukit yang berada di atasnya.

Tak hanya perumahan warga, material longsor juga menimbun sebagian area pesawahan milik warga setempat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor kali ini.

"Longsor menerjang rumah Tumiran  beruntung saat itu Tumiran sendiri beserta keliarganya tidak menjadi kprban dan berhasil selamat dalam peristiwa bencana alam tersebut,"jelas AKP Sudarmanto.

Menurutnya, petugas kepolisian dari Polsek Sooko yang mendapatkan laporan terkait tanah longsor tersebut langsung turun ke lokasi. Mereka melakukan pemantauan dan mengecek kondisi rumah warga yang tertimbun tanah. Selain itu, beberapa petugas dari BPBD Ponorogo juga sudah melakukan pemantauan lokasi guna mengantisipasi kemungkinan kondisi tanah yang cenderung basah serta curah hujan yang masih cukup tinggi.

Sementara itu, menurut keterangan petugas anggota Polsek Sooko menjelaskan bahwa longsor kali ini hanya menimbun sebagian rumah saja, yaitu di bagian dapur.

Menurut AKP Sudarmanto, kerugian yang ditanggung pemilik rumah yang tertimbun longsor ini sekitar 10 juta. Saat ini warga setempat telah melakukan gotong royog guna membanyu membersihkan material longsor. (admin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lagi, Wilayah Sooko Ponorogo Diterjang Longsor"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.