Siswa SMAN 1 Ponorogo Temukan Alat Penyimpan Energi dan Pengaman Kebocoran Listrik

Siswa peraih Prestasi asal SMAN 1 Ponorogo
PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Siswa SMAN 1 Ponorogo selain unggul di bidang akademik juga mempunyai kreatifitas tinggi dalam bidang karya tulis dan di dunia teknologi. Bahkan mereka telah medapatkan berbagai temuan-temuan dari hasil pengamatan dan exsperimen mereka.

Sudah dua temuan yang berhasil dibuat oleh siswa sekolah paling favorit di Kota Reyog ini. Temuan dari para siswa kreatif  ini sekaligus mengantarkan Rijalul Falah dan Yunita Arisandi menjadi Tim KTI SMAN 1 Ponorogo meraih kejuaraan dalam ajang karya tulis ilmiah bidang teknologi.

Prestasi pertama yakni menjadi juara Karya Tulis di ITS dengan tema penghematan sumber energy listrik. Cara kerjanya ketika hidup mampu menyimpan energy listrik dan ketika lisytrik padam alat tersebut bisa bekerja dan menyuplai listrik di rumah.

“Alat yang menggunakan inferter ini menggunakan  penyimpanan di dalam accu,” terang Rijalul Falah.
Prestasi kedua yakni menjadi juara 3 di UNESA tinggal se Jawa Bali.

Mereka berhasil membuat alat sistem pembaharuan teknologi keamanan dalam bidang teknology. Alat yang diberi nama ATS ini mampu meminimalisir pengguna alat terkena sengatan setrum.

“Ini bisa memutuskan kebocoran arus listrik pada rumah tangga. Ketika ada kebocoran arus listrik muncul sirine dan indikatir lampu  merah dan hijau,” terangnya.

Menurutnya, alat ini ditemukan didasari banyaknya kasus kebocoran pada alat teknology. Terutama alat rumah tangga. “Sistem portable dan kemungkinan bisa dikembangkan lagi,” pungkasnya. (admin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswa SMAN 1 Ponorogo Temukan Alat Penyimpan Energi dan Pengaman Kebocoran Listrik"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.