Gapoktan Lohjinawi Siwalan Kenduri Syukuran Tanam di Sawah

PONOROGO (TEROPONGREYOG) -Sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat yang telah di berikan kepada para petani Siwalan yang telah usai melakukan penanaman padi di sawah mereka, gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lohjinawi desa Siwalan menggelar acara Shodaqohan atau Kenduri secara serentak disawah. Rabu, (21/01).
  
Kegiatan yang dimulai sekitar jam 09.00 WIB tersebut melibatkan anggota Gapoktan Logjinawi dan para petani desa Siwalan serta di hadiri oleh Bupati Amin, Kepala Dinas Pertanian ponorogo Harmanto, Muspika Kecamatan Mlarak, Kepala Desa se-kecamatan mlarak dan UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Mlarak.

Diawali dengan pembacaan do’a dan tahlil yang di pimpin langsung oleh kepala desa Siwalan Drs. H. Abdul Roziq Yusuf, dan dilanjutkan dengan acara kendurian dan makan bareng. Tampak suasana kerukunan dan kebersamaan terpancar dari wajah para petani desa Siwalan ini. Hal ini terlihat dari senyuman dan keramahan para petani suiwalan saat menggelar Kenduri di gubuk area pesawahan petani siwalan tersebut. Masyarakat dan para petani Siwalam tampak atusias dan dengan penuh kesadaran membawa ambengan (makanan) untuk sama-sama di makan gubuk araea pesawahan tersebut.

Menurut Kepala Desa Siwalan,Drs. H. Abdul Roziq Yusuf di dampingi Menurut Ketua Gapoktan Lohjinawi Imam Basri, kegiatan Kenduri di area pesawahan tersebut melibatkan seluruh  masyarakat petani desa Siwalan, sebagai sarana untuk berdo’a bersama dan mendekatkan diri kepada Tuhan, supaya masyarakat dan para petani siwalan selamat serta tanaman padi dan holtikultura lainya yang mereka tanam di sawah selamat dari berbagai ancaman hama sehingga nantinya menuai hasil dan maksimal,”disini kita berusaha sudah, dengan menanam sawah, dan selanjutmnya keli ini berdo’a bersama tawakal mendekatkan diri kepada Allah supaya diberi hasil yang baik,”terangnya.

Lebih lanjut Abdul Roziq Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan tersebut juga menjadi sarana untuk meningkatkan kerukunan antar warka dan juga mampu meningkatkan komunikasi antar petani dalam nengatasi segala gangguan hama dan lain-lain. Selain itu kades juga berharap kepada pemerintah daerah supaya lebih banyak lagi program yang masuk ke desa siwalan karena 90% penduduk siwalan adalah petani. “semoga pemerintah meningkatkan programnya untuk siwalan sehingga petani siwalan lebih mudah dalam menggarap lahan pertanian kita,”harapnya.

Sementara Bupati Amin dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada para petani siwalan yang telah menanam padinya di sawah. Selain itu pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada petani Siwalan yang telah menyelenggarakan kegiatan tasyakuran tanam tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa selain para petani siwalan bekerja tapi juga berdoa Kepada Allah,”Memang manusia seharusnya bekerja dan berdo’a supaya kita diberi kebaikan, ini adalah hal yang sangat positif dan semoga selalu berjalan demi meningkatkan ketakwaan serta menjalin kerukunan dan komunikasi antar petani,”harapnya.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Dinas Pertanian Ponorogo, Harmanto, dia menyampaikan dukungan kepada masyarakat petani Siwalan. Hal tersebut merupakan wujut komunikasi petani di dalam wadahnya Gapoktan yang akan meningkatkan kwalitas petani dalam rangka mengatasi gangguan para petani dalam menjaga tanaman. Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat lebih meningkatkan komunikasi petani, penyuluh dan dinas. “Saya menyampaikan supot kepada petani Siwalan semoga mampu membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan. Kami akan dukung terus dan akan berusaha memberi pelayanan terbaik buat petani melalui program-program yang ada di dinas Pertanian,” pungkasnya.(zdn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gapoktan Lohjinawi Siwalan Kenduri Syukuran Tanam di Sawah "

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.