BERSIH DESA DENGAN RUWATAN

PONOROGO (TEROPONGREYOG),-Tradisi bersih desa adalah budaya yang sudah mendarah daging bagi masyarakat di tanah jawa terutaa di Ponorogo. Dengan bersih desa di harapkan masyarakat ataupun desa kembali menjadi bersih bersinar di mmata spiritual. tak hanya itu, bersih desa juga meruakan wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia.

Berbagai acara dan kegiatan biasa di lakukan dalam kegiatan bersih desa ini. seperti halnya Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Dalam mengadakan kegiatan bersih desa atau yang sering di sebut Selan, di kalangan masyarakat ini, Desa Kutu Wetan menggelar acara Ruwatan pada, Senin (15/09) lalu, sebagai puncak dari serangkaian acara yang telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Seperti umumnya riul  ruwatan, yaitu dengan menggelar pakeliran dan seperangkat Dalang lengkap dengan wayang dan gamelan. Yang lain dari kegiatan ritual ruatan ini adalah, bisanya di selenggarakan pada siang hari dan mebawakan cerita tentang pengusiran Bathara Kala. Hal tersebut yang kontras dengan tujuan dari rituwal tersebut yaitu mengusir segala Blak atau gangguan baik dari makluk halus maupun gangguan nyata.(warok)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERSIH DESA DENGAN RUWATAN "

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.