HIBURAN DAN RUWATAN WARNAI BERSIH DESA KUTU WETAN

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Semangat kebersamaan masyarakat Desa Kutu Wetan sudah selayaknya mendapat acungan jempol. Pasalnya, dalam menggelar kegiatan mulai dari peringatan HUT RI ke-69, hingga kegiatan bersih desa, warga masyarakat desa yang penuh sejarah tentang babad ponorogo yaitu Kutu ini tetap antusias.

Setiap dusun berlomba-lomba berkreasi menggelar acara yang sangat meriah muli dari kegiatan Panjat pinang, pentas kesenian gajah-gajahan, kesenian reyog dan puncaknya dengan cara peresian gapura Puhgosong Desa Kutu Wetan dengan hiburan seni capursari dan terakhir kegiatan ritual Ruwatan.Meskipun rangkaian acara berlan beringgu-minggu dan dilaksanakan oleh tiap dusun seara swadaya, seluruh masyarakat Kutu Wetan tetap bersemangat ikut meramaikan setiap acara.

Seperti halnya kegiatan yang digelar oleh masyarakat dusun krajan pada, Minggu (14/09) lalu, Acara Bersih Desa yang dipadukan dengan kegiatan Peresmian Gapura Puhgosong berlangsung sangat meriah. Tampak beberapa kesenian mulai dari seni gajah, reyog, dan perlombaan panjat pinang turut menyemarakkan acara tersebut. Tah hayal, terjadi kemacetan di jalur ponorogo-trenggalek karena panonton yang membludak.


Tak hanya itu saja, pada malam harinya bebarengan dengan peresmian gapura Puhgosong masyarakat juga disuguhi hiburan pesta kembang api  dan seni campursari yang medatangkan sekelompok manusia jadi-jadian(waria) yang mengocok perut penonton dengan aksinya.

Sementara itu pada puncak dari rangkaian bersih desa Kutu Wetan, digelar ritual Ruwatan bertempat di balai Desa Kutu Wetan pada,Selasa (16/09). Aroma spiritual sangat terasa sekali dalam kegiatan ruwatan ini. Rituwal ruwatan merupakan budaya waisan leluhur yang bertujuan meminta kepada Tuhan agar kita di jauhkan dari segala balak atau musibah, sehingga desa menjadi tentram.

Kepala Desa Kutu Wetan Didik Saksono, SH, selaku pemerintah desa menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kutu Wetan yang telah mensukseskan semua kegiatan mulai dari Peringatan HUT hingga acara Ruwatan di balai desa. Menurutnya dengan semua kegiatan bersih desa yang di akhiri ruwatan, dirinya berharap seluruh warga masyarakat Desa Kutu Wetan di jauhkan dari balak atau musibah selalu guyub rukun, ayem tentrem, sehingga pemerintahan desa Kutu Wetan bisa berjalan lancar dan sukses.”tujuan dari seluruh masyarakat adalah kebersamaan mbangun deso. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kebersamaan atara seluruh warga, sehingga akan terwujud Desa Kutu Wetan yang ayem tentrem.”terangnya.(warok)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIBURAN DAN RUWATAN WARNAI BERSIH DESA KUTU WETAN"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.