Menteri Gamawan Janjikan RUU Desa Selesai Minggu Ini

JAKARTA (TEROPONGREYOG) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berjanji akan menyerahkan amanat presiden tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam minggu ini. "Sedang finalisasi di kabinet, dalam minggu ini saya akan menyampaikan ampres (amanat Presiden) ke Presiden, mudah-mudahan cepat ditanda tangani dan lalu kita kirim ke DPR. Kita sudah harmonisasi dengan semua kementerian," kata Gamawan di Istana Negara seusai rapat terbatas mengenai RUU Desa, Selasa (6/12).
               
Gamawan mengatakan di dalam rapat terbatas tersebut dirinya menyampaikan
pengantar dalam draf RUU Desa. "Secara prinsip beliau (Presiden) setuju," ujarnya. Ia menambahkan di dalam rapat tersebut juga dibahas isu-isu penting dalam RUU tersebut. Adapun Mendagri menyebutkan enam poin krusial RUU Desa kepada Presiden Yudhoyono. Keenam poin tersebut di dalam RUU Desa adalah kedudukan desa, penataan desa, kewenangan desa, penyelenggara pemerintahan desa, keuangan desa, serta pembangunan desa dan kawasan pedesaan.
               
Selain itu juga ada pengaturan dana desa yang sumbernya tidak dipatok berapa persen, tapi dipastikan ada untuk pengembangan desa. Kabupaten yang akan mengatur dana desa dalam prosedurnya karena desa bagian dari Kabupaten. Hal ini merujuk kepada otonomi daerah yang ada di Provinsi dan juga Kabupaten/Kota. Meski ada dana untuk desa, Gamawan mengatakan tidak akan membebani keuangan negara karena termasuk kepada dana untuk kabupaten/ kota yang terus meningkat setiap tahun dan pengaturannya melalui kabupaten/kota.
               
Sebelumnya, ratusan perangkat desa berdemo di DPR menuntut pemerintah dan DPR membahas dan mengesahkan RUU Desa. Para perangkat desa tersebut menuntut untuk dimasukkan ke dalam struktur pemerintahan. Pemerintah berpendapat desa adalah komunitas masyarakat mandiri yang dapat mengurus kewenangan wilayahnya sendiri yang disetujui oleh bupati.(warok)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menteri Gamawan Janjikan RUU Desa Selesai Minggu Ini"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.