WERENG HANCURKAN HARAPAN PETANI GABEL

Kades Gabel Garap Sawah 20 kotak, Semua Ludes Di Mangsa Wereng

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Hama wereng yang menyerang sebagian besar petani di kabupaten Ponorogo mengakibatkan kerugian mencapai jutaan Rupiah. Selain iklim yang tidak bisa diprediksi, menurut masyrakat penanganan dari Dinas terkait tidak profisional dan lamban. Akibatnya sebagian besar petani mengalami kerugian.
           
 Seperti halnya yang di alami warga Desa Gabel Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Ratusan hektar tanaman padi milik warga yang berada di Dusun Etan Gedong mengalami gagal panen. Dan hal tersebut di benarkan oleh Kades Gabel Sugianto, bahwa musim panen tahun ini gagal akibat serangan hama wereng. "Benar Mas, hampir semua tanaman padi milik warga Gabel terserang Hama Wereng, rata-rata petani cuma bisa menikmati hasil panen mereka 1/3 dari hasil biasanya”teranghnya.
           
Masih menurut Kades Sugianto, bahwa hama wereng mulai menyerang petani semenjak tanaman padi mulai berbunga (njebul) yaitu saat padi berusia sekitar 60 hari. "Sejak umur 60 hari hama wereng mulai menyerang tanaman kami, saking ganasnya hama ini, satu hari terserang empat hari selanjutnya tanaman padi kelihatan menguning dan mati." Ungkap Kades sambil menunjukan contoh padi miliknya yang juga terserang wereng.

Segala upaya telah di lakukan termasuk penyemprotan yang di sarankan dari PPL Dinas Pertanian tetapi tidak mempan. Dan Kades berharap dari Pemerintah ada perhatian yang lebih kepada para petani, terutama mereka yang  telah menjadi korban dari ganasnya hama Wereng ini, tindakan secara langsung dan solusi dari Pemerintah Daerah  syukur ada bantuan bagi mereka yang mengalami gagal panen.(warok) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WERENG HANCURKAN HARAPAN PETANI GABEL"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.