Pameran Akik Nasional Pertama Dihelat di GOR Singodimejo

Lokasi pameran batu akik di Gor Singodimejo
PONOROGO (TEROPONGREYOG),- Tampaknya Pemerintah Daerah mulai memperhatikan potensi Batu Akik asal Ponorogo. Hal tersebut dibuktika  dengan turut serta dan dukunga pihak Pemkab dalam ivent pameran dan bazar yang di gelar mulai tanggal 9 hingga 12 April 2015.
      
Pameran Akik dan Kontes yang di Gedung Gedung Olah Raga (GOR), Jalan Pramuka Ponorogo ini merupakan event tingkat Nasional pertama yang digelar di Bumi Reyog.Terdapat sekitar 96 pengrajin akik yang mengikuti kegiatan pameran ini. Mereka adalah para pengerajin Batu akik yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Indonesia. Animo masyarakatpun cukup tinggi dengan membanjiri lokasi pameran yang dibuka secara langsung oleh Bupati Ponorogo  H Amin.

Dalam uraianya, orang nomor satu di Ponorogo itu mengatakan, bahwa potensi kekayaan alam di Indonesia khususnya batu sangat membanggakan sehingga harus terus dikembangkan. Karena, dengan kondisi meluasnya pasar batu akik ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Lihat jari saya setelah memakai cincin batu akik nampak lebih berwibawa dan gagah,"katanya sambil menunjukkan cincin batu akik yang konon pemberian Ketua DPRD Ponorogo.

Sementara itu Kepala Disbidparpora Ponorogo, Sapto Djatmiko mengatakan, pemeran batu akik diawal tahun 2015 tersebut diikuti 96 lapak yang berasal dari pengerajin sejumlah daerah. 60 persen diantaranya berasal dari lokal Ponorogo, lainnya dari Pacitan, Surabaya, dan bahkan ada yang dari Kalimantan hingga Sumatera. "Peserta sangat antusias mengikuti pemeran tingkat nasional ini,"tandasnya.

Dia juga mengatakan, bahwa dalam pameran kali ini juga diadakan kontes batu akik khusus jenis Calsedon, yang sejauh ini banyak ditemukan diwilayah Ponorogo dan sekitarnya. Hal ini diharapkan akan berkembangnya pangsa pasar batu khas Ponorogo yang tak kalah keindahannya dengan batu dari daerah lain.

Pemerintah daerah akan menfasilitasi untuk perkembangan batu akik yang juga diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat. " Even semacam ini akan terus kita gelar, dan dimasa yang akan datang bisa lebih besar lagi,"katanya.(admin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pameran Akik Nasional Pertama Dihelat di GOR Singodimejo"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.