20 Jamaah Indonesia, Jadi Korban Crane Yang Roboh di Masjidil Haram

MAKAH (TEROPONGREYOG)- Seperti dikabarkan beritasatu.com, sedikitnya 87 orang tewas dan 184 orang lainnya terluka akibat tertimpa crane yang roboh di Masjidil Haram, Jumat (11/9) waktu setempat. Dari jumlah tersebut 20 di antaranya adalah calon haji asal Indonesia dan satu meninggal.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam pembicaraan via telepon dengan tim Media Center Haji (MCH) di Mekah,"Kejadian ini memang luar biasa," ujarnya.

Ia menambahkan akibat hujan deras dan angin kencang di Mekah, alat berat yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram terjatuh.
"Ada jemaah kita sebanyak 20 orang yang terluka dan sudah dibawa ke rumah sakit di Jiyad, Arab Saudi," kata Menag.

Selain itu, kata dia, ia menerima informasi ada satu jemaah yang meninggal namun masih membutuhkan data detil terkait nama dan embarkasi mana.
"Keluarga di Indonesia harap tetap tenang karena korban luka sudah ditangani dokter yang profesional," ujarnya.

Menag juga mengimbau agar jemaah yang akan melaksanakan umrah qudum (kedatangan) menunda dulu ibadahnya sampai situasi di Masjidil Haram dinyatakan aman.

Sebelumnya hujan deras disertai angin kencang, kilat, dan gemuruh yang menggelegar selama sekitar satu jam sejak pukul 17.10 Waktu Arab Saudi (WAS) yang melanda Mekah, telah menyebabkan banyak pohon tumbang di jalan dan kaca lobi hotel pecah.(warok/net)

Subscribe to receive free email updates: