KUD Bantarangin Uri-Uri Sejarah Cikal Bakal Reyog

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - KUD Bantarangin yang dipimpin H. Amin, SH terus berperan aktif dalam mensukseskan agenda Grebeg Tutup Bulan Suro Bantarangin. Sejak digelar pertama kali hingga sekarang, KUD yang berpusat di Somoroto ini tidak pernah absen memberikan kontribusinya.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian untuk menguri-uri petilasan kerajaan bantarangin sebagai cikal bakal cerita reyog Ponorogo. “Peran KUD Bantarangin sesuai kemampuannya mensukseskan Grebeg Tutup Suro Bantarangin,” ungkap H. Amin, SH ketua KUD Bantarangin.

Sementara itu, pemilihan nama KUD yang dipimpin H. Amin mantan Bupati Ponorogo ini bukan tanpa alasan. Sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan petilasan kerajaan Bantarangin maka sejak tanggal 11 September 1996, KUD Kauman 1 berubah nama menjadi KUD Bantarangin.

“KUD kami terletak di wilayah Kauman dan berdekatan dengan kerajaan Bantarangin, maka KUD Kauman 1 dirubah menjadi KUD Bantarangin. Ini sekaligus sebagai upaya mempromosikan  agar petilasan cikal bakal reyog Ponorogo ini terkenal di mayarakat lokal, nasional bahkan internasional,” bebernya.

Nama KUD Bantarangin ini merupakan kepanjangan dari “Bangum Tataraning Ngaurip. Ngudi Idam-Idamaning Nusantara”.

Kepanjangan Idam-idamaning Nuswantoro akronim Bantarangin itu pun sesuai dengan pesatnya kemajuan KUD Bantarangin. Sebab, saat ini KUD Bantarangin sudah berbadan hukum tingkat provinsi. Sehingga bisa melayani masyarakat di seluruh wilayah Jawa Timur. “Wilayah kerjanya satu provinsi,” ungkapnya.

KUD Bantarangin juga melebarkan sayapnya. Yakni dengan membuka cabang di Ngawi dan Magetan. “Di Magetan ada 4 tempat. Yakni di Parang, Panekan, Gorang-gareng dan Plaosan,” sebutnya.

Selain itu juga membuka usaha lain yakni sedang proses dibangun minimarket Bantarangin. “Alhamdulillah tiap tahun anggota KUD Bantarangin yang berjumlah seribu lebih menerima SHU setengah juta satu orang. Itu diwujudkan dalam bentuk uang dan barang,” sebutnya. (admin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KUD Bantarangin Uri-Uri Sejarah Cikal Bakal Reyog"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.