Ketahui Penyebab Dan Gejala Penyakit Cacar Pada Anak

KESEHATAN (TEROPONGREYOG) - Perlu kita ketahui bahwa penyakit cacar adalah penyakit yang dikarenakan oleh virus Variola. Virus inilah yang mengakibatkan penyakit cacar yaitu dari anggota genus orthopoxvirus.
   

Virus ini, biasa menyerang sapi, monyet dan kontagiosum moluskum, di mana dia bisa masuk ketubuh manusia dari sistem inhalasi atau waktu sistem pernapasan ke paru-paru dari partikel virus yang dapat menetap pada tempat tidur, baju, atau permukaan benda sampai 1 minggu lamanya.
   
Bicara tentang penyakit cacar, pada kesempatan ini kita bakal mengulas pemicu dan gejala penyakit cacar untuk kita ketahui yang pernah diulas di portal kesehatan.
   
Terkena cacar maupun pengrusakan virus ini pada tubuh manusia yang mengakibatkan penyakit cacar, yaitu virus Variola masuk ke tubuh manusia waktu bernafas dan diawali dari paru-paru, kemudian dari paru-paru, virus menyerang aliran darah dan kemudian menyebar ke kulit, usus, paru-paru, ginjal dan otak.
    Ketika kegiatan virus pada sel kulit, virus tersebut membuat ruam yang umum dimaksud makula, lalu membentuk vesikel/lepuh, serta menjadi pustula atau jerawat bernanah seperti yang terlihat pada pasien cacar air sesudah sekitar 12-17 hari saat badan manusia terinfeksi virus tersebut, dan di mana biasanya pada orang dewasa, kesembuhan dari penyakit cacar tidak membuat serta merta bekas cacar hilang dari kulit.
   
Penyakit cara merupakan jenis penyakit yang sangat mudah menular, di mana pada banyak masalah, cara air dapat berlangsung dengan air liur, paparan udara, sampai kontak dengan orang yang menderita penyakit cacar air.
    
Dilihat dari cara penularan dan penyebab penyakit cacar, banyak dari masyarakat kita berasumsi penyakit cacar adalah suatu penyakit sepele, yang di mana penyakit cacar ini mesti diberikan perhatian lebih terutama klo sudah menginfeksi anak-anak. Alangkah sebaiknya bila ada anggota keluarga yang terinfeksi penyakit cacar, segera mengambil keputusan untuk melindungi anggota keluarga dari virus dengan  dengan cara  penting menjaga kebersihan pasien penyakit cacar, serta mengisolasi benda-benda yang bisa punya potensi menjadi media menularkan virus ini.
  
Seperti kita ketahui, gejala penyakit cacr ditunjukkan adanya tonjolan/ruam pada kulit berwarna hitam serta bernanah, gejala yang lain dari penyakit cara dapat juga mengakibatkan demam, sakit kepala, batuk kering, dan kehilangan nafsu makan.
    
Pada masalah infeksi virus pada penyakit cacar pada anak-anak pada umumnya tidak terlalu mengakibatkan bahaya besar. Tetapi lain lagi ceritanya jika yang terinfeksi virus adalah ibu hamil yang di mana sang ibu tidak melakukan vaksin anti penyakit cacar pada awal mulanya, ini dapat mengakibatkan komplikasi baik pada ibu ataupun anak yang baru lahir.
   
Itulah, sekelumit pembahasan tentang penyebab dan gejala penyakit cacar yang patut kita ketahui, supaya kita dapat tahu jenis penyakit ini dan mengetahui beberapa langkah dan tindakan yang tepat untuk melakukan perawatan dan pengobatan jenis penyakit cacar. Semoga mampu memberi manfaat bagi kita dan keluarga.(warok)

sumber : portal kesehatan

Subscribe to receive free email updates: