Desa Bringinan Rintis Bangun Tugu Pancasila Tumbuhkan Rasa Patriotisme

PONOROGO (TEROPONGREYOG),- Desa Bringinan kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo merupakan wilayah pedesaan yang jauh dari hiruk ramai perkotaan. Meski demikian loyalitas dan semangat membangun nggak mau kalah di banding perkotaan. Termasuk dalam hal pembangunan infrastruktur, desa bringinan semenjak dipimpin oleh kades Subarno terbilang cukup pesat.

Tak hanya bidang infrastruktur, dalam bidang bela negara dan cinta tanah air pun juga mulai diperhatikan oleh desa yang berada di perbatasan antara kecamatan jambon danbalong ini.

Monumen Tugu Pancasila, inilah sebuah prestasi terbaru yang di sajikan oleh masyarakat desa Bringinan sebagai bentuk ke kecintaan kepada NKRI. Bangunan ini di dirikan di atas tanah desa Bringinan tepatnya di dukuh Kedung Desa Bringinan dan di bangun se ara swadaya masyarakat. " Tugu Pancasila ini kota dirikan untuk membangkitkan rasa Patriotisme kepada masyarakat khususnya bringinan dan umumnya di kabupate  Ponorogo." terang Barno.

Lebih lanjut menurut Barno, masyarakat Indonesia pada umumnya saat ini sudah mulai pudar rasa kebangsaan dan patriotismenya. Mereka tidak sadar bahwa kepentingan bangsa dan negara harus kita utamakan dan harus kita tempatkan di atas kepentingan pribadi dan golongan. Itulah sebabnya Tugu Pancasila ini di bangun, semua itu untuk menjadikan wahana dan sarana pengingat-ingat bahwa dalam Pancasila terdapat 5 Sila yang semuanya harus di laksanakan oleh warga Indonesia.

Selain itu, masih menurut Barno, Tugu Pancasila ini juga bertujuan untuk edukasi bagi putra-putri di Bringinan kususnya. "Ini yang lebih penting lagi bagi putra-putri kita untuk menanamkan rasa kebangsaan danpatriotisme ini sejak usia dini."paparnya.

Disamping itu, saya berharap pemerintah daerah bisa memfasilitasi dan paling tidak memberi dorongan bagi desa yang ingin membangun tugu pancasila.  Satu satunya di kabupaten ponorogo Desa Bringinan Kec Jambon membuktikan selain rasa nasionalisme dari pembangunan tugu Pancasila, juga untuk meredam banyaknya tugu perguruan. "Saatnya Kabupaten Ponorogo menunjukkan jati dirinya yakni manunggaling bumi reog, yang bermakna bersama sama membangun rahayuning bumi Ponorogo," harapnya.(zdn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desa Bringinan Rintis Bangun Tugu Pancasila Tumbuhkan Rasa Patriotisme"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.