ANJING KAMPLONG PEMANGSA HATI KAMBING MASIH GENTAYANGAN

PONOROGO (TEROPONGREYOG),-Sering masyarakat ponorogo menyebut Anjing pemangsa binatang ternak warga di sekitar wilayah sawo dan sambit ini dengan nama Anjing Kamplong. Seperti dikabarkan, di ponorogo terjadi musibah. Binatang ternak mereka dimangsa sekawanan anjing, dan anehnya anjing-anjing tersebut hanya mengambil hati dari korbanya. Ini seperti kisah horor saja, tapi itulah yang terjadi di desa atau kecamatan yang terletak di wilayah perbatasan Kabupaten Ponorogo-trenggalek ini.
        
Sampai artikel ditulis, anjing Kamplong ini masih belum berhenti menyerang binatang ternak milik warga di sekitar mega proyek Waduk Bendo Sawo Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Dikabarkan kambing-kambing ternak milik warga mati misterius sejak Agustus lalu.
"Kami perkirakan anjing Kamplong itu turun ke permukiman untuk mencari mangsa. Sebab, pada musim kemarau sekarang hutan mengalami kekeringan. Makanan untuk binatang-binatang buas berkurang," kata Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian Ponorogo Andi Susetyo
        
Menurutnya, anjing hutan itu menyerang hewan ternak warga empat desa di Kecamatan Sawoo, yaitu Desa Kori, Ngindeng, Grogol, dan Tugurejo dan sekarang sudah menjalar sampai wilayah Kecamatan Sambit. Secara geografis, desa-desa itu memang terletak di kaki bukit. Jumlah kambing dan bebek yang mati diserang hewan buas, kata dia, tidak kurang dari 50 ekor. "Setelah diperiksa, diketahui adanya luka bekas gigitan pada bangkai hewan ternak tersebut. Ada juga yang isi perutnya terburai," ujar Andi.
        
Kepala Desa Grogol, Rohmat, menambahkan, anjing hutan menyerang kambing dan itik yang berada di dalam kandang pada malam hari. Setelah memangsa sebagian dagingnya, anjing-anjing tersebut kabur dengan cara melompati kandang. Dengan sederet kejadian itu, warga desa setempat meningkatkan pengawasan terhadap hewan ternak mereka.Namun hingga saat ini warga belum berhasil menangkap hewan buas yang diketahui berwarna hitam tersebut.
         
Salah seorang warga yang di temui menjelaskan bahwa Anjing Kamplong, itu wujudnya agak kecil. Dia sering di sebut anjing yang memang mempunyai unsur mistis dan gaib. Di duga mnculnya anjing kamplong tersebut disebabkan pembangunan Waduk Bendo yang tidak memperhatikan nilai adat istiadat orang awa. "ini ada orang pintar yang mengatakan bahwa munulnya Anjing Kamplong yang memangsa hati Kambing itu berasal dari Waduk Bendo karena kurangya komunikasi dengan alam Gaib,"terangnya.
         
Sementara saat ini fihak kepolisian dari Polsek Sawo dan masyarakat sekitar terus memburu keberadaan Anjing Kamplong yang meresahkan masyarakat ini. Tak ketinggalan para pemuda dan pemburu yang hoby menembak juga bergegas ke hutan yang saat ini kering kerontang, demi menangkap Anjing Kamplong pemangsa Hati Kabing tersebut. (zd)

Subscribe to receive free email updates: