SUNAMI RAKSASA DI AWAN

SUNAMI biasanya muncul di pantai, dimana air laut mengalami kenaikan yang cukup tinggi dan datangnya sangat cepat. Sunami pada umunya di sebabkan oleh pergeseran lempeng bumi, gunung dasar laut yang meletus dan lain-lain.
          Namun fenomena cukup aneh terjadi di wilayah Alabama, Amerika Serikat. Tsunami yang muncul bukanlah di wilayah lautan yang airnya naik endadak, namun berupa gumpalan awan yang berbentuk gelombang tsunami dan bergulung-gulung muncul di wilayah kota Birmingham.
         
Para pakar memberi nama gelombang tersebut dengan "Kelvin Helmholtz". Mereka berpendapat bahwa fenomena gelobang tersebut bisa saja terjadi di langit atau di samudra. Jenis turbulensi seperti itu akan selalu terbentuk apabila terdapat lapisan atau cairan yang melucur cepat di atas lapisan tebal yang bergerak lebih lambat sehingga menarik bagian permukaannya sehingga membentuk gelombang.
        
Sementara itu ahli meteorologi di Atmospheric Sciences Research Center dari State University of New York di Albany, Chris Walcek, menyampaikan pendapatnya.  Bahwa menurutnya angin yang bergerak cepat di langit dapat menyeret puncak awan tebal yang bergerak lambat di bawahnya dengan cara yang sama.

Terjadinya fenomena sunami di awan tersebut kemungkinan di akibatkan lapisan awan dingin yang bergerak lebih lambat sedangkan lapisan udara hangat yang bergerak lebih cepat sehingga menjadikan efek sunami di langit.

Subscribe to receive free email updates: