BERSIH DESA KARANGGEBANG, CERMIN MASYARAKAT PEDULI BUDAYA


PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Seperti halnya Desa yang lain Desa Karanggebang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo dalam rangka Bersih Desa, menggelar serangkaian acara yang sangat meriyah. Berbagai tokoh dan kalangan, lembaga sekolah, seniman, serta para kyai turut serta dalam budaya bersih desa yang di selenggarakan oleh pemerintah desa karanggebang mulai Minggu (21/9) hingga Selasa malam (23/9).

Diawali dengan kegiatan senam masal bertabur Door Price oleh ibu-ibu PKK desa Karanggebang pada hari Minggu (21/9) di pelataran balai desa Karanggebang. Dengan tujuan membangun masyarakat yang sehat dengan olahraga ibu-ibu Tim Penggerak PKK desa Karanggebang yang diketui Ibu Kades Arin Zuhriana ini sangat antusias mengikuti kegiatn senam  masal bertabur door price. Ada sekitar 150 warga dari berbagai umur bahkan ibu lansia juga tak mau ketinggalan.
           
Dilanjutkan senin 22 September diadakan pagelaran kirab budaya yang di ikuti oleh para pelajar, mulai dari TK, Diniyah, MI, dan SD yang ada di Karanggebang turut ambil bagian berkreasi dengan menampilkan berbagai kesenian drum band, ganongan, tari dan kreasi pakaian adat. Tak hanya itu, para seniman desa karanggebang juga tak mau ketinggalan, tak tanggung-tanggung, 4 dadak reyog yang tergabung dalam grup reyog  Singo  Joyo dan Singo Mulanjoyo, dan seni gajah-gajahan yang di miliki desa Karanggebang juga diturunkan. Lomba panjat pinang juga di gelar menambah semaraknya acara gelar kirab budaya Desa Karanggebang hingga sepanjang jalan desa karanggebang berjubel penuh sesak penonton dari kecamatan Jetis dan sekitarnya.

Sementara pada malam harinya juga di adakan pagelaran seni Karawitan Ngudi Laras Desa Karanggebang bertepat di balai desa, dan puncaknya di di adakan acara istighosah pada Selasa Malam, (23/09) di balai Desa Karanggebang.

Abdul Basyid selaku kepala Desa Karanggebang menyampaikan bahwa kegiatan mulai dari Senam masal berhadiah, parade budaya, hingga Istoghosah atau do’a  bersama merupakan rangkian Bersih Desa yang diselenggarakan oleh pemerintah desa bersama warga masyarakat Desa Karanggebang. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan swadaya masyarakat. Dirinya selaku kepala pemerintahan desa mengucapkan teriakasih kepada seluruh warga masyarakat Kranggebang yang tela mensukseskan acara bersih Desa Karanggebang.

Lebih lanjut, abdul Basyid berharab dengan kegiatan parade kirab budaya tersebut selain dalam rangka melestarikan kesenian, juga bisa meningkatkan kerukunan dan kebersamaan bagi seluruh masyarakat Karanggebang. Selain itu dengan semangat Bersih Desa juga bisa membawa Desa Karanggebag yang lebih baik  serta di jauhkan dari balak atau mmusibah. “Saya beharap dari semua rangkaian kegiatan ini bisa meningkatkan kekopakan warga Desa Karanggebang, baik antar sesama warga maupun dengan pemerintah, sehingga kedepan akan tercipta masyarakat karanggebang yang guyub rukun, ayem tentrem dan  bersatu demi pembangunan dan kemajuan Karanggebang,” harapnya.

           
Sementara Sunardi Gondrong yang juga turut hadir dalam Kirab Budaya Desa Karanggebang menyampaikan bahwa dirinya sebagai salah seorang pecinta budaya, sangat mendukung kegiatan Kirab Budaya desa Karanggebang.”selamat atas terselenggaranya bersih desa karanggebang, semoga apa yang menjadi tujuan seluruh masyarakat dan pemerintah desa Karanggebangdiberi kesuksesan,” Ungkap Sunardi Gondrong, tokoh LSM Lawe Ponorogo. (admin)

Subscribe to receive free email updates: