SDN Ngumpul 1 Kecamatan Balong Siaga Satu

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Sekolah Dasar Negeri 1 Ngumpul, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur, nyaris roboh. Di mana-mana tembok sekolah tampak retak. Plafon dalam ruang kelas juga harus disangga bambu supaya tidak runtuh. 

Mengenaskan. Di dalam setiap ruang kelas juga hanya dibatasi selembar papan. Padahal ada sekitar 70 siswa, mulai dari kelas satu sampai enam. Banyak warga setempat merasa was-was dengan kondisi kelas tempat putra-putri mereka belajar. 

"Sekolah Dasar Negeri 1 Ngumpul  dibangun sejak 1985 dan sampai detik ini belum pernah ada proyek perehapan, saya takut bangunan ambruk saat anak-anak sedang belajar." ungkap warga setempat yang tidak mau di sebut namanya.  


Nurul,Kepala Sekolah menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengajukan surat pemberitahuan tentang kondisi tersebut, sekaligus permohonan rehab, tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan. "Kami sudah mengajukan permohonan pada Dinas Pendidikan Ponorogo agar dilakukan perbaikan. Namun, tidak kunjung terealisasi hingga sekarang," kata  Nurul,



Kondisi ini membuat kegiatan belajar dan mengajar tak maksimal. Belum lagi kalau hujan datang. Menurut Nurul, ruang kelas jadi becek karena atap sekolah bocor di mana-mana. Demikian pula kalau udara terik, sinar matahari menembus masuk ke ruang kelas karena banyaknya plafon bolong.(warok)

Subscribe to receive free email updates: