INDONESIA PERINGKAT 47 NEGARA TERKORUP

Priyo Sangat Prihatin Tentang Hal Itu

JAKARTA (TEROPONGREYOG) - Indonesia berada di nomor 47 dari 65 negara terkorup dan tidak adil di Dunia. Hal ini menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak misalnya wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

"Saya sangat merasa prihatin dengan berita maupun hasil survei international (World Justice Project yang ternyata masih menempatkan Indonesia di bawah, dari 65 negara Indonesia di 47 negara terkorup dan tidak adil. Berita ini diharapkan bisa menjadi   "warning" (peringatan, red) bagi kita," kata Priyo dalam diskusi Forum MKGR di Jakarta, Selasa(14/06).

Menurut Priyo, saat ini harus menjadi momentum untuk segera melakukan mawas diri bersama terutama cabang-cabang kekuasaaan baik legislatif, eksekutif maupun yudikatif. Menurut dia, kondisi yang penuh dengan hiruk pikuk saat ini menjadi masa sulit bagi Indonesia ke depan, terutama reformasi dan demokrasi.

"Kalau ini tidak direspon, saya khawatir justru akan terjadi "turbulensi" (kekacauan), menuju negara yang gagal," katanya.

Ia menambahkan, reformasi dan demokrasi yang telah diperjuangkan tidak boleh berhenti. Menurut Priyo, saat ini Indonesia masih dalam tahap mencari bentuk demokrasi yang tepat,sehingga kegagalan dalam mengelola berbagai masalah bisa tergelincir kembali ke negara otoriter.

"Kita tidak bisa kembali lagi ke masa lampau, yang otoriter, kita harus melanjutkan ini (reformasi) tidak boleh berhenti," katanya.

Wakil Ketua DPR Priyo juga mengkhawatirkan bila keadaannya terus seperti ini, akan terjadi gejolak di masyarakat yang dapat mengakibatkan bentrokan dengan negara. "Akan ada tumbukan lempeng negara dan masyarakat yang berbahaya yang perlu dihindari," katanya. (warok)

sumber : Antara NEWS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INDONESIA PERINGKAT 47 NEGARA TERKORUP"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.