APBD PONOROGO DEFISIT RP 40 M

DPRD NGOTOT BELI MOBIL DAN SEPEDAH MOTOR BARU

PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Inilah para anggota DPRD Ponorogo menyikapi krisis keuangan APBD setempat. Di saat terjadi defisit anggaran Rp40miliar yang mengancam kebangkrutan Pemkab Ponorogo, tak membuat wakil rakyat berhemat. Mereka justru berlomba menambah fasilitas dengan memborong empat mobil dan 28 unit sepeda motor.


Empat unit mobil baru itu terdiri Toyota Fortuner, Toyota Innova,dan dua minibus Toyota Dinosaurs. Toyota Fortuner rencananya diperuntukkan Ketua DPRD Ponorogo Agus Widodo. Sedangkan Toyota Innova digunakan untuk Sekretaris DPRD Sukarni.Dua minibus dijadikan kendaraan operasional dewan.''Semua itu untuk kendaraan dinas,bukan kepentingan pribadi,''kelit Agus Widodo,kemarin(30/6/11).
               

 Tidak hanya itu,fasilitas sepeda motor Honda Supra X 125 juga dibagikan kepada 28 anggota DPRD Ponorogo. ''Yang mendapat fasilitas motor hanya anggota dewan yang baru menjabat pada periode ini.Dewan yang lama sudah pernah mendapat dan sampai sekarang masih dibawa,''terang Agus.
                

Menurut dia,pengadaan mobil dan puluhan motor dinas tersebut sudah direncanakan sejak 2010. Namun,kondisi APBD tahun lalu tidak memungkinkan untuk membeli kendaraan dinas bagi dewan.Rencana memborong mobil dan motor itu baru terealisasi pada tahun ini.Untuk membeli empat mobil saja,sudah menyedot APBD sebesar Rp1,2miliar.Sedangkan harga 28 motor dinas dewan itu sekitar Rp500juta.''Untuk pembelian motor itu bukan dari pos anggaran DPRD,melainkan di bagian umum pemkab,''ungkap Agus.
                  

 Agus berdalih pembelian mobil dan motor sudah menjadi kebutuhan.Sebab,mobil dinas ketua DPRD dan sekretaris dewan sudah tua. Mobil Honda Camry tunggangan ketua dewan,misalnya, dibeli enam tahun lalu. Agus menilai mobil dinasnya sudah saatnya diganti. Begitu pula dua mobil operasional secretariat.''Pengadaan itu sudah dikaji sesuai dengan kebutuan lembaga dewan,'' kilahnya.
                

 Aksi borong mobil dan motor itu juga dibenarkan Sukarni,sekretaris DPRD Ponorogo. Kata dia,pengadaan sudah dianggarkan pada awal tahun. Karena itu,pihaknya saat ini tinggal merealisasikan pos anggaran yang sudah ditetapkan. Hingga kemarin,baru tiga unit mobil yang sudah tiba di sekwan. Yakni,Toyota Fortuner dan dua minibus Toyota Dinosaurs. Sedangkan Toyota Innova yang kesehariannya nanti bakal ditumpangi Sukarni belum dikirim dealer.''Sudah dianggarkan sejak awal tahun,kami tinggal merealisasikan saja,''kata Sukarni.(WAROK)

Subscribe to receive free email updates: