BAKTI SOSIAL KWP DI KAMPUNG EDIOT DESA PANDAK

Anggota KWP saat baksos di Pandak
PONOROGO (TEROPONGREYOG) - Tanggal 9 Februari punya nilai historis bagi komunitas pers di Indonesia. Sebab, pada tanggal 9 februari 1946 telah diselenggarakan pertemua wartawan nasional yang melahirkan PWI, sebagai organisasi wartawan pertama pasca kemerdekaan Indonesia dan melalui Surat Keputusan Preside No. 5/1985, maka hari lahir PWI itu resmi menjadi Hari Pers Nasional (HPN). Dan sejak saat itulah setiap tanggal 9 februari insan Pers melakukan kegiatan peringatan HPN.

Seperti acara yang di gelar Komunitas Wartawan Ponorogo (KWP), Jumat(18/02) lalu, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang ke 65, KWP menggelar Baksos, pemberian paket sembako dan penanaman pohon di Desa Pandak Kecamatan Balong.
    
Selain di hadiri seluruh anggota KWP acara tersebut juga di hadiri Wakil Bupati Ibu Yuni Widyaningsih, Komisi A DPRD, Sekda Ponorogo, jajaran Polres Ponorogo, Dinas Sosial dan beberapa pejabat tinggi Pemkab Ponorogo, muspika Kecamatan Balong Bapak Joko Waskito SH, dan undangan.
    
Dalam sambutannya ketua KWP Reny yang di sampaikan oleh Maman Priyanto mengucapkan trimakasih kepada semua fihak yang telah membantu lancarnya rangkaian kegiatan yang di selenggarakan KWP, dia juga menjelaskan bahwa kegiatan Baksos di Desa Pandak merupakan puncak dari rangkaian acara dalam rangka memperingati hari Pers yang ke 65. Sebelumnya KWP juga telah melakukan kegiatan sosial yaitu Donor Darah yang bertempat di Balai Wartawan.
 
Sementara Camat Balong Bapak Joko Waskito SH atas nama Pemerintah Kecamatan Balong kepada KWP mengucapkan selamat hari Pers kepada KWP. Dia juga mengucapkan terimakasih atas segala kepedulian Insan Pers Ponorogo terkait adanya warga Ediot di Desa Pandak. 

Menurut Joko, pihaknya selaku Pemerintah kecamatan Balong sudah melakukan survey bersama dinas Kesehatan Kecamatan Balong. Dan dia mengakui bahwa di Desa Pandak memang benar terdapat sekitar 53 warga yang membutuhkan perhatian pemerintah meakipun sejumlah 32 di antaranya di nyatakan lemah mental.
  
Senada hal tersebut Wakil Bupati Hj Yuni Widyaningsi. SH dalam sambutanya juga mengucapkan  terimakasih dan Selamat memperingati Hari Pers Nasional yang ke 63 kepada KWP. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman Pers atas kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan KWP. 

Sementara itu, terkait dengan warga Ediot Desa Pandak pihaknya meminta kepada Kepala desa untuk mengklasifikasi warganya yang benar-benar ediot dan cacat mental yang masih bisa bekerja. Hal ini supaya Pemerintah Daerah lebih mudah dalam memberi penanganan, pembinaan dan memberikan bantuan. 

"Kalau memang benar-benar Ediot itu sudah merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah dan Dinas Sosial," tegas Ida.
       
Di akhir acara kegiatan tersebut diadakan pemberian Paket sembako kepada warga Ediot dan kurang mampu Desa Pandak serta Penanaman Pohon yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati dan beberapa Pejabat Pemkab Ponorogo.(admin)

Subscribe to receive free email updates: