BERSIH DESA KUPUK BUNGKAL PONOROGO

Sarindu Sutra berkarya Kupuk Jaya, Sarindu Sutra Bersatu Kupuk Maju, Sarindu Sutra Tumandang Kupuk Kondang 


                
     PONOROGO (TEROPONGREYOG)- Kreatifitas dan kepedulian masyarakat Desa yang motto “Gumregahing Deso, Agawe  Rahayune Projo” ini,  terhadap kemajuan desa seakan tertuang dalam kegiatan dalam rangka bersih desa Kupuk Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Dalam kegiatan tahunan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat ini, dikemas dalam rangkaian kegiatan  yang sangat meriah mulai 19 Sebteber hingga 29 Sebtember 2014. Seluruh masyarakat berbagi kalangan mulai dari anak-anak, pemuda karang taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah desa semua cancut tali wondo, sak iyek sak eko proyo, menyemarakkan  bersih desa Kupuk.

                   Menurut kepala Desa Kupuk Agus Setyono, S. Pd. M. Pd menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka bersih desa kupuk diawali dengan kegiatan Ziarah makan leluhur oleh masyarakat pada tanggal 19/09,  dilanjutkan  pada 25/09 dengan kegiatan istighosah dan tahlil akbar di balai desa Kupuk, kemudian    pada 26/09 diadakan Kirab budaya yang di ikuti sekitar 2000 peserta mulai dari karang taruna, para pelajar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para perangkat Desa, tanggal 27/09 dengan gelaran budaya, hingga puncaknya Minggu malam (29/09) dengan pagelaran wayang kulit dan pagi harinya dengan ruwatan.

                  Dalam kegiatan kirab budaya inilah seluruh kesenian yang di miliki Desa Kupuk di Pentaskan. Kegiatan yang di motori oleh Karang Taruna desa kupuk ini berhasil menghipnotis puluhan ribu penonton dari berbagai kalangan di wilayah ponorogo selatan dan timur. Tapak dalam arak- arakan rombongan kirab pada barisan pertama dengan dua putri yang menunggang kuda yang diperankan oleh putri dari kades dan sekdes kupuk.

               Dilanjutkan dengan rombongan barisan Pasukan Keret Kuda yang di pimpin langsung oleh Kades Agus Setyono, diikuti para perangat, dan tak ketinggalan para pemuda dari perwakilan tiap dusun juga turut penampilkan kreatifitas masing-masing dukuh. Selain itu di panggung utama juga digelar kesenian elektone menambah semaraknya kirab Budaya Desa Kupuk.

                  Sementara pada, Sabtu (27/09) dilanjutkan dengan kegiatan pentas budaya. Kali ini seluruh  kesenian Kupuk tapil di lapangan Desa Kupuk. Seni reyog mini, seni gajah, seni reyog desa kupuk, seni jaranan thek dan seni Onta, masing-masing melakukan atraksi di lapangan Desa Kupuk. Tak kalah semaraknya dengan hari sebelumnya, puluhan ribu masyarakat antusias menyaksikan gelar Budaya Desa Kupuk.(zd)



INI GALERI FOTHO GELAR BUDAYA DESA KUPUK BUNGKAL












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERSIH DESA KUPUK BUNGKAL PONOROGO"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.